Selasa, 28 Februari 2012

Instalasi Windows Xp dari Flashdisk


Cara Instalasi Windows XP Menggunakan Flashdisk

Cara install windows xp dari flashdisk cukup gampang kita hanya membutuhkan 2 tools tambahan yaitu USB_PREP8 dan PEtoUSB yang bisa di download secara gratis.
Adapun sebelum kita memulai proses install windows xp via usb, ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan :
1. satu buah flashdisk minimal 1 Gb maksimal 2 Gb.
2. CD Master windows XP yang Asli
3. Virtual Drive untuk mount CD windows XP (saya pake Daemon tool, bisa juga pake nero virtual CD) jika berniat install melalui ISO image windows XP, tapi jika anda menjalankannya langsung dari windows XP CD-ROM maka langkah nomor 3 diabaikan sajah.
4. USB_PREP8 (download)
5. PEtoUSB (download)
Setelah semuanya siap, maka langkah selanjutnya adalah memasang installer XP ke dalam USB Flash Disk. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Colokan USB ke komputer master (bukan di netbook) tempat kita akan membuat Bootable windows xp via usb. harap di ingat Drive nya, misal E,F,G atau H.
2. Extrack file usb_prep8.zip dan PEtoUSB.rar ke dalam satu folder.
3. Jalankan usb_prep8.cmd hasik exktrak tadi, selanjutnya akan keluar tampilan command prompt seperti berikut :
winxp-to-usb
3. Tekan sembarang tombol di keyboard, maka akan keluar tampilan PEtoUSB. lihat gambar.

Pastikan USB yang anda colokan sudah di kenali oleh program PEtoUSB, seperti terlihat di gambar usb saya di kenali di drive H sesuai dengan drive yang dikenali oleh windows. untuk memastikan USB yang kita colokan sudah benar, anda buka windwos explorer, kemudian lihat di Drive letter berapa USB anda berada.
4. Selanjutnya tekan start untuk memulai memformat USB. jika ada peringatan klik sajah OK. tunggu beberapa saat sampai proses format selesai. selanjutnya close program PEtoUSB.

5. Masukan CD Master Windows XP ke optical drive anda/CD-ROM.
6. Kembali ke program USB_PREP8 yang pertama tadi kita jalankan, selanjutnya akan tampil pilihan 0-5 yang dapat kita pilih. ketik angka 1 untuk menentukan lokasi tempat kita menyimpan source CD windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya.


7. Selanjutnya pilih opsi 3 untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk. Kalau flash disk Anda berada di drive H, maka ketik H dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.

8. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan menekan huruf Y kemudian tekan ENTER.

Tunggu beberapa saat sampai proses format selesai, selanjutnya tekan sembarang tombol untuk memulai proses copy windows XP ke USB FLASHDISK. Jika ada konfirmasi lagi untuk copy file jawab YES. tunggu beberapa saat, kira-kira memakan waktu 15 menit tergantung kecepatan komputer dan persediaan rokok dan kopi anda….

Setelah proses pengkopian windows xp ke flashdisk selesai, tekan semarang tombol untuk menutup command prompt. selanjutnya kita tinggal mencolokan USB yang sudah terisi installer windws xp tersebut ke netbook yang akan kita install windows xp.
Langkah selanjutnya adalah colokan USB ke salah satu port usb yang ada di netbook, kemudian masuk ke BIOS, pastikan boot priority yang pertama adalah Removable Disk untuk boot dari USB. Setelah selesai tekan F10 kemudian Yes, seanjutnya netbook akan restart dan booting melalui USB yang berisi windows xp. Ketika muncul prompt, pilih nomer 2 text mode setup dengan menggunakan tanda panah kebawah setelah itu tekan ENTER. Proses akan lanjut seperti instalasi XP biasa. Setelah selesai pilih pilihan untuk melanjutkan instalasi Windows XP. Jangan cabut usb sampai instalasi selesai.
Tutorial ini ditulis di tengah gonjang-ganjingnya bencana nasional dari mulai banjir bandang di wasior, gempa dan sunami di mentawai dan letusan gunung merapi….
Tulisan terkait lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar